Friday, January 18, 2013

Tugas Java ( Event JCheck Box)


Buatlah Tampilan Java Sebagai Berikut :





import java.awt.*;
→ mengambil semua file dari package javax.swing.
import java.awt.event.*;
→ mengambil semua file dari package javax.swing.
import javax.swing.*;
→ mengambil semua file dari package event yang mana package event
     berada pada package java.awt.

class CheckHandling extends JFrame implements ItemListener {
→ class CheckBoxHandling turunan dari class JFrame dan JFrame  
     merupakan implemen dari ItemListener.
          private JTextField teks;
          → Membuat JTextField dengan nama teks
          private JPanel panel;
          → Membuat objek JPanel
          private JCheckBox Cb1,Cb2,Cb3;
          → Membuat objek JCheckbox dengan nama Cb1,Cb2,cb3

          public CheckHandling () {
                   setTitle("Coba CheckBox Handling");
                   → membuat setTitle dengan judul “Coba CheckBos Handling”
                   teks = new JTextField("Jenis Kelamin : Pilihan");
                   → membuat objek text baru pada JTextField dengan memasukkan
                             Teks Jenis Kelamin : Pilihan
                   teks.setHorizontalAlignment(SwingConstants.CENTER);
                   → mengatur perataan dari objek teks yang berisi nilai  
                            "Jenis Kelamin : Pilihan" dengan perataan rata tengah.
                   panel = new JPanel(new FlowLayout());
→ memanggil konstruktor Jpanel dari objek panel dengan
     memanggil metode FlowLayout. Sehingga secara
     default tampilannya dari kiri ke kanan.
                   Cb1 = new JCheckBox("Pria");
                   → membuat objek Cb1 baru ke JCheckBox dan
                             memasukkan nilai Pria
                   Cb2 = new JCheckBox("Wanita");
                   → membuat objek Cb1 baru ke JCheckBox dan
                             memasukkan nilai Wanita
                   Cb3 = new JCheckBox("Banci");
                   → membuat objek Cb1 baru ke JCheckBox dan
                             memasukkan nilai Banci

                   ButtonGroup group = new ButtonGroup();
                   → memanggil konstruktor ButtonGroup dari
                             objek ButtonGroup.
                   group.add(Cb1);
                   → menambah Cb1 dari objek grup
                   group.add(Cb2);
                   → menambah Cb2 dari objek grup
                   group.add(Cb3);
                   → menambah Cb3 dari objek grup
                   Cb1.addItemListener(this);
                   → memanggil itemListener pada Cb1 bila diklik
                   Cb2.addItemListener(this);
                   → memanggil itemListener pada Cb2 bila diklik
                   Cb3.addItemListener(this);
                   → memanggil itemListener pada Cb3 bila diklik

                   setLayout(new BorderLayout());
                   → membuat layoutborder yang baru
                   add(teks, "North");
                   → membuat teks mengarah ke utara
                   add(panel, "West");
                   → membuat panel mengarah ke barat

                   panel.add(Cb1);
                   → menambah Cb1 dari objek panel
                   panel.add(Cb2);
→ menambah Cb2 dari objek panel
                   panel.add(Cb3);
                   → menambah Cb3 dari objek panel

                   pack();
                   → mengatur tampilan sesuai dengan lebar dan tinggi
                             tampilan yang muncul.
                   setVisible(true);
                   → mengatur setVisible yang bernilai true
                   setLocation(200,200);
                   → membuat ukuran location dengan lebar 200 dan panjang 200
                   setDefaultCloseOperation(EXIT_ON_CLOSE);
                   → untuk mengatur event default saat frame akan ditutup.
                   }

                   public void itemStateChanged(ItemEvent event) {
                   → untuk mengganti lokasi jika objek diklik
                             if(event.getSource()==Cb1) {
                             → mengirimkan getSource pada Cb1
                                      if(event.getStateChange()==ItemEvent.SELECTED)
                                      → Jika diklik ItemEvent akan mengubah
                                                teks.setText("Jenis Kelamin : Pria");
                                                → mengatur tampilan dari objek teks
                                                                 dan memberikan nilai
     Pria bila diklik CheckBox menjadi
    “Jenis Kelamin =   Pria”
                             }

                             if(event.getSource()==Cb2) {
                             → mengirimkan getSource pada Cb2
                                      if(event.getStateChange()==ItemEvent.SELECTED)
                                      → Jika diklik ItemEvent akan mengubah
                                                teks.setText("Jenis Kelamin : Wanita");
                                                → mengatur tampilan dari objek teks dan
                                                                 memberikan nilai
     Wanita bila diklik CheckBox menjadi
    “Jenis Kelamin =   Wanita”

                             }

                             if(event.getSource()==Cb3) {
                             → mengirimkan getSource pada Cb2

                                      if(event.getStateChange()==ItemEvent.SELECTED)
                                                teks.setText("Jenis Kelamin : Banci");
                                                → mengatur tampilan dari objek teks dan
     memberikan nilai
     Banci bila diklik CheckBox menjadi
    “Jenis Kelamin =   Banci”

                             }
                   }
          }

          public class EventCheckBox {
          → membuat nama kelas menjadi EventCheckBox
          public static void main(String[ ]args) {
                   new CheckHandling();
                   }
          }


Dosen : 
 Sundari Retno Andani, S.T,M.Kom

No comments:

Post a Comment