Event Handling
adalah suatu metode untuk menangani sebuah event/aksi yang
diberikan pengguna kepada suatu komponen GUI. Event adalah suatu peristiwa yang
dipicu oleh pengguna pada suatu komponen, misalnya tombol ditekan.
<!–more–>
Event Source
Adalah komponen yang mendapatkan suatu event yang kemudian
ditangkap oleh Event Listener. Event Source dapat dibedakan dari penamaan
komponen itu sendiri, misalnya tombolSimpan,tombolHapus dan lainnya. Dengan
penamaan Event Source ini, sebuah Event Listener akan dapat mendeteksi dari
mana Event Listener tersebut berasal.
Event Listener
Digunakan untuk menangkap event yang terjadi pada komponen/
Event Source. Dibawah ini disajikan beberapa listener yang dapat digunakan
dalam mendeteksi event.

Tugas
import java.awt.*;
→ mengambil semua file
dari package javax.swing.
class Layout extends
JFrame {
→c lass Swing turunan dari
class JFrame
JButton B0,B1, B2,
B3, B4,B5, B6, B7, B8, B9, B10, B11 ;
→ membuat komponen
Button dengan objek B0,B1, B2,
B3, B4,B5, B6, B7, B8, B9,
B10, B11 dari class JButton
JLabel
lNama,lNama2,lNama3;
→ membuat komponen
Label dengan objek lNama, lNama2,
lNama3 dari class JLabel
JPanel P1,P2,P3;
→ membuat komponen
Panel dengan objek P1, P2,P3 dari class JPanel
public Layout() {
→ membuat class
dengan nama Layout
setTitle("MULTI
LAYOUT");
→ membuat judul
layout
JLabel lNama= new
JLabel("Flow Layout" );
→ membuat objek baru dari
class Jlabel dengan objek lNama dan modifier JLabel
yang isinya “Flow Layout”
JButton B0=new
JButton ("0");
→ membuat JButton BO baru
dan memasukkan nilai 0
JButton B1=new JButton
("1");
→ membuat JButton B1 baru
dan memasukkan nilai 1
JButton B2=new
JButton ("2");
→ membuat JButton B2 baru
dan memasukkan nilai 2
JButton B3=new
JButton ("3");
→ membuat JButton B3 baru
dan memasukkan nilai 3
JLabel lNama2= new
JLabel("None Layout" );
→ membuat objek baru dari
class Jlabel dengan objek lNama2 dan modifier JLabel
yang isinya “NoneLayout”
JButton B4=new
JButton ("4");
→ membuat JButton B4 baru
dan memasukkan nilai 4
JButton B5=new
JButton ("5");
→ membuat JButton B5 baru
dan memasukkan nilai 5
JButton B6=new
JButton ("6");
→ membuat JButton B6 baru
dan memasukkan nilai 6
JButton B7=new
JButton ("7");
→ membuat JButton B7 baru
dan memasukkan nilai 7
JLabel lNama3= new
JLabel("Grid Layout" );
→ membuat objek baru dari
class Jlabel dengan objek lNama dan modifier JLabel
yang isinya dengan nama
Grid Layout
JButton B8=new
JButton ("8");
→ membuat JButton B8 baru
dan memasukkan nilai 8
JButton B9=new
JButton ("9");
→ membuat JButton B9 baru
dan memasukkan nilai 9
JButton B10=new JButton
("10");
→ membuat JButton B10 baru
dan memasukkan nilai 10
JButton B11=new
JButton ("11");
→ membuat JButton B11 baru
dan memasukkan nilai 11
P1 = new JPanel();
→ membuat objek baru P1
P2 = new JPanel();
→ membuat objek baru P2
P3 = new JPanel();
→ membuat objek baru P3
setLayout(null);
add(lNama);
→ menanggil objek lNama
add(lNama2);
→ menanggil objek lNama2
add(lNama3);
→ menanggil objek lNama3
add(P1);
→ menanggil objek P1
add(P2);
→ menanggil objek P2
add(P3);
→ menanggil objek P3
lNama.setBounds(15,10,100,20);
→ mengatur komponen Nama
di koordinat kolom 15, baris 10, lebar 100, tinggi 20
lNama2.setBounds(220,10,100,20);
lNama3.setBounds(320,10,100,20);
P1.setBounds(5,30,200,40);
P2.setBounds(215,30,200,100);
P3.setBounds(320,30,200,150);
P1.setLayout(new
FlowLayout());
P1.add(B0);
→ menambahkan objek P1
dengan objek B0
P1.add(B1);
→ menambahkan objek P1
dengan objek B1
P1.add(B2);
P1.add(B3);
P2.setLayout(null);
P2.add(B4);
P2.add(B5);
P2.add(B6);
P2.add(B7);
B4.setBounds(5,10,70,20);
B5.setBounds(5,30,70,20);
B6.setBounds(5,50,70,20);
B7.setBounds(5,70,70,20);
P3.setLayout(new
GridLayout(2,1));
→ membuat tampilan Form
Layout dengan tampilan Grid dari objek P3
P3.add(B8);
→ menambahkan objek P3
dengan objek B8
P3.add(B9);
P3.add(B10);
P3.add(B11);
P3.setSize(100,100);
→ membuat ukuran utuk
tampilan grid objek P3
setSize(450,180);
setVisible(true);
setDefaultCloseOperation(3);
→ membuat tampilan close,
maximize, dan minimize pada form
}
}
public class Multy {
→ membuat class dengan nama Multy
public static void main(String[ ] args) {
Layout l = new Layout( );
}
}
Dosen :
Sundari
Retno Andani, S.T,M.Kom






No comments:
Post a Comment