DASAR-DASAR JAVA
Java sebagai salah satu bahasa pemrograman baru menjanjikan banyak kemudahan bagi programer junior maupun senior. Tutorial ini akan membawa Anda mengenal lebih jauh bahasaini melalui pembahasan konsep model perancangan dan petunjuk sederhana penggunaannya.
Apakah Java?
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh SunMicrosystems sejak tahun 1991. Bahasa ini dikembangkan dengan model yang mirip dengan bahasa C++ dan Smalltalk, namun dirancang agar lebih mudah dipakai dan platformindependent, yaitu dapat dijalankan di berbagai jenis sistem operasi dan arsitektur komputer.Bahasa ini juga dirancang untuk pemrograman di Internet sehingga dirancang agar aman dan portabel.
Platform Independent
Platform independent berarti program yang ditulis dalam bahasa Java dapat denganmudah dipindahkan antar berbagai jenis sistem operasi dan berbagai jenis arsitektur komputer.Aspek ini sangat penting untuk dapat mencapai tujuan Java sebagai bahasa pemrogramanInternet di mana sebuah program akan dijalankan oleh berbagai jenis komputer dengan berbagai jenis sistem operasi. Sifat ini berlaku untuk level source code dan binary code dari program Java.Berbeda dengan bahasa C dan C++, semua tipe data dalam bahasa Java mempunyai ukuran yangkonsisten di semua jenis platform. Source code program Java sendiri tidak perlu dirubah samasekali jika Anda ingin mengkompile ulang di platform lain. Hasil dari mengkompile source code
Java bukanlah kode mesin atau instruksi prosesor yang spesifik terhadap mesin tertentu,melainkan berupa bytecode yang berupa file berekstensi
.class
. Bytecode tersebut dapatlangsung Anda eksekusi di tiap platform yang dengan menggunakan Java Virtual Machine(JVM) sebagai interpreter terhadap bytecode tersebut.JVM sendiri adalah sebuah aplikasi yang berjalan di atas sebuah sistem operasi danmenerjemahkan bytecode program Java dan mengeksekusinya, sehingga secara konsep bisadianggap sebagai sebuah interpreter. Proses pengeksekusian program Java dapat dilukiskanseperti di Gambar 1. Dengan cara ini, sebuah program Java yang telah dikompilasi akan dapat berjalan di platform mana saja, asalkan ada JVM di sana.Kompiler dan interpreter untuk program Java berbentuk Java Development Kit (JDK)yang diproduksi oleh Sun Microsystems. JDK ini dapat didownload gratis dari situs java.sun.com. Interpreter untuk program Java sendiri sering juga disebut Java Runtime atau JavaVirtual Machine. Interpreter Java, tanpa kompilernya, disebut Java Runtime Environment (JRE)dapat didownload juga di situs yang sama. Untuk mengembangkan program Java dibutuhkanJDK, sementara jika hanya ingin menjalankan bytecode Java cukup dengan JRE saja. Namununtuk mengeksekusi applet (sebuah bytecode Java juga) Anda biasanya tidak perlu lagimendownload JRE karena browser yang Java-enabled telah memiliki JVM sendiri
Library
Selain kompiler dan interpreter, bahasa Java sendiri memiliki library yang cukup besar yang dapat mempermudah Anda dalam membuat sebuah aplikasi dengan cepat. Library ini sudahmencakup untuk grafik, desain user interface, kriptografi, jaringan, suara, database, dan lain-lain.
Java adalah bahasa pemrograman berorientasi objek. Pemrograman berorientasi objek secaragamblang adalah teknik untuk mengorganisir program dan dapat dilakukan dengan hampir semua bahasa pemrograman. Namun Java sendiri telah mengimplementasikan berbagai fasilitasagar seorang programer dapat mengoptimalkan teknik pemrograman berorientasi objek.Sedikit perbandingan tambahan dengan bahasa C dan C++, Java banyak mewarisi konseporientasi objek dari C++ namun dengan menghilangkan aspek-aspek kerumitan dalam bahasaC++ tanpa mengurangi kekuatannya. Hal ini mempermudah programer pemula untuk mempelajari Java namun mengurangi keleluasaan programer berpengalaman dalam mengutak-atik sebuah program. Di balik kemudahan yang ditawarkan Java, luasnya fasilitas library Javasendiri membuat seorang programer membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk dapatmenguasai penggunaan library-library tersebut.
Memulai Pemrograman Java
Untuk membuat program Java, seperti telah disebutkan sebelumnya, Anda membutuhkan JDK.Proses instalasi JDK tersebut sangat mudah dan tidak membutuhkan pengetahuan tertentu. Namun untuk menggunakannya Anda perlu melakukan beberapa penyesuaian dengan sistemoperasi Anda. Umumnya yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan path ke direktori JDK
Untuk menulis syntax java
kita memakai TextPad.
Cara mengetahui apakah
Textpad sudah terhubung ke Java :
- Pilih Configure
- Klik Preference
- Pilih Tools
- Klik Add
- Jdk Command
- klik OK
Aturan penggunaan
sintaks bahasa pemograman Java :
- Case Sensitive
- Nama file dokumen Java harus sama dengan nama kelas
- Java mengabaikan spasi kosong
- Tanda { } adalah symbol pengelompokan Java
Latihan 1 :
public class
HelloWorld {
public static void main (String[ ] args) {
System.out.println ("Hello JAVA");
}
}
Latihan 2 :
public class Data {
public static void main (String [ ] args) {
System.out.println ("Nama : Rajaiman girsang");
System.out.println ("Nim :
20091030345");
}
}
Latihan 3 :
public class Panggil
{
public static void main (String [ ] args) {
String Panggil = "Hello JAVA";
System.out.println (Panggil);
}
Menyimpan file java
harus sesuai dengan class nya : cth : Hello world
Dengan exstensi .java
Latihan 2
Latihan 1
class TesTipeData {
public static void main(String []args) { →
(fungsi
utama)
byte b = 1;
short s = 100;
int i = 1000;
long l = 10000;
char c = 'a';
float f = 3.14f;
double d = 3.14;
boolean t = true;
final double PHI = 3.14;
System.out.println("byte "+b);
System.out.println("short "+s);
System.out.println("int "+i);
i = 010;
System.out.println("int "+i+" octal mode");
System.out.println("long
"+l);
System.out.println("char "+c);
System.out.println("float "+f);
System.out.println("double "+d);
System.out.println("boolean "+t);
System.out.println("phi "+PHI);
}
}
Hasil
:
byte 1
short
100
int
1000
int 8
octal mode
long
10000
char a
float
3.14
fouble
3.14
boolean
true
phi 3.14
Latihan 2
class TesKeputusan {
public static void
main(String[]args) {
char JenisKelamin
= 'W';
//nested if ( komentar)
if (JenisKelamin == 'L')
System.out.println("Cowok");
else if (JenisKelamin == 'P')
System.out.println("Cewek");
else System.out.println("Banci");
//ternary
System.out.println(JenisKelamin ==
'L'?"Dia Pasti Cowok":"Dia Pasti Cewek");
//switch case
switch(JenisKelamin){
case 'P' :
System.out.println("Cewek");
break;
case 'L' :
System.out.println("Cowok");
break;
default
: System.out.println("Banci");
break;
}
}
}
Hasil :
Banci
Dia
Pasti Cewek
Banci
cth melakukan
perintah cetak “ println”
hasilnya akan menampilkan
20101030345
Rajaiman girsang
MI10-17
Contoh dari sintaks kode pada java :
public class Rajaiman {
public static void main
(String[]args){
System.out.println("2010010345");
System.out.println("Rajaiman girsang");
System.out.println("MI10-17");
}
}
Class, Method, Constructor, Modifier, dan Object
CLASS
Kelas
pada Java didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class.
Bentuk
Umum :
[modifier1]
class Namakelas[modifier2]{Class body;}
METHOD
Method
digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi
satu unit tersendiri.
Bentuk
Umum :
[modifier1]tipeNilaiKembalian
namaMethod (parameter input) {Method body;}
CONSTRUCTOR
Constructor
merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada.
MODIFIER
Modifier
adalah sifat yang dimilik oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam Java.
OBJECT
Sebuah
kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat
diperlakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya.
Latihan :
class Disket {
int
panjang = 10;
final
int LEBAR = 10;
String
warna = "kuning";
String
bentuk = "segiempat";
String
data = " ";
Disket()
{
panjang = 100;
}
Disket(int panjang1) {
this.panjang = panjang1;
}
void
simpanData(String data1) { →
( Method )
this.data +=data1;
}
void
hapusData() { → ( Method )
data =
"";
}
String
bacaData() { → ( Method )
return data;
}
}
public class
MainDisket{
public static void main (String[ ] args) {
Disket disk1 = new Disket(50);
System.out.println("Panjang disket = "+ disk1.panjang);
→ (
memanggil atribut panjang dari objek disk1,dari class disket)
System.out.println("Lebar disket = "+ disk1.LEBAR);
→ (
memanggil atribut lebar dari objek disk1,dari class disket)
System.out.println("Warna disket = "+ disk1.warna);
→ (
memanggil atribut warna dari objek disk1,dari class disket)
System.out.println("Bentuk disket = "+ disk1.bentuk);
→ (
memanggil atribut bentuk dari objek disk1,dari class disket)
System.out.println("data mula-mula = "+ disk1.bacaData());
disk1.simpanData("Belajar Java");
System.out.println("Setelah simpanData = "+disk1.bacaData());
disk1.hapusData();
System.out.println("Setelah hapusData
= "+disk1.bacaData());
}
}
Hasil :
Panjang disket = 50
Lebar disket = 10
Warna disket = kuning
Bentuk disket = segiempat
Data mula-mula =
Setelah simpanData = Belajar Java
Setelah hapusData =
Note : Simpan dengan nama kelas MainDisket.java
Dosen :
Sundari Retno Andani,
S.T,M.Kom






This comment has been removed by the author.
ReplyDelete